large image
Sosialisasi Kebijakan Adminduk 2020 Sukses Digelar
Kategori Berita | Diposting pada : 2020-03-06 -|- 10:01:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan 2020 sukses digelar Kamis (05/03/20) di Hotel Grand Mangkuputera, Cilegon. Acara ini diikuti oleh Ketua RT, RW, Lurah, dan Camat se-kota Cilegon.


Sosialisasi dibuka oleh Walikota Cilegon, Edi Eriadi, dan sebagai narasumber langsung oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Zudan Arif Fakrulloh, Wakil  Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati, didampingi Kepala DP3AKKB Provinsi Banten, Siti Ma’ani Nina.


Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan bahwa Kota Cilegon menjadi salah satu percontohan untuk pelayanan administrasi kependudukan prima hingga ke tingkat kecamatan. Dari sekitar 500 daerah di Indonesia, baru sekitar 30 persen  yang melakukan pelayanan adminduk secara prima hingga tingkat kecamatan. “Di Cilegon, alat cetak KTP-el (Kartu Tanda Penduduk), KIA (Kartu Identitas Anak), KK (Kartu Keluarga) dan yang lainnya sudah bias diurus di kecamatan hanya dalam hitungan jam, bukan hari. Jaringan teknologi dan alat cetak juga sudah dipenuhi,” kata Prof.Zudan.


Selain itu, Prof.Zudan menyampaikan bahwa dukungan dari kepala daerah dan stakeholder lainnya juga sudah baik. Pihaknya mendorong agar pelayanan ditingkatkan dengan layanan antar dokumen sampai ke rumah. Layanan ini dapat di lakukan dengan melakukan kerjasama dengan PT.Pos Indonesia seperti yang telah dilakukan di beberapa daerah.


Walikota Cilegon, Edi Ariadi mendukung program untuk pelayanan adminduk prima. Pemkot Cilegon akan meningkatkan kerjasama dengan PT.Krakatau Information Technology untuk penyediaan jaringan dalam beberapa pelayanan publik.


Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati, mengatakan Pemkot Cilegon mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan dalam rangka untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.


Kepala Disdukcapil Kota  Cilegon, Hayati Nufus, menyampaikan selain sosialisasi, pihaknya juga meluncurkan pelayanan dokumen kependudukan di 8 kecamatan. Selain itu, Disdukcapil juga menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan (Dindik) untuk KIA, Kementrian Agama (Kemenag) untuk SIMKAH Terintegrasi, BPJS Kesehatan untuk NIK Bayi dan Klinik Balqis.



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Test

Kurang
Bagus
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA