large image
Prestasi Percepatan Cakupan Pemberian Akta Kelahiran Anak 2017 Disdukcapil Kota Cilegon
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-07-26 -|- 04:51:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Kota Cilegon kini tetap memegang komitmen untuk berusaha memenuhi hak-hak anak salah satunya dengan pemenuhan hak identitas anak melalui Akta Kelahiran. Hal ini juga diperkuat dengan adanya Permendagri Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran. Cakupan Akta Kelahiran Kota Cilegon berdasarkan data dari database SIAK adalah sebesar 76,19%. Sedangkan anak yang belum memiliki Akta Kelahiran sebanyak 35.532 anak atau sebesar 28,41%. Adapun syarat pembuatan Akta Kelahiran adalah



  1. Surat keterangan kelahiran dari dokter/bidan/penolong kelahiran;

  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) orang tua dengan memperlihatkan aslinya;

  3. Fotokopi KTP-el kedua Orang Tua;

  4. Fotokopi kutipan akta nikah/akta perkawinan orang tua dengan memperlihatkan aslinya;

  5. Fotokopi KTP-el 2 (dua) orang saksi;

  6. Surat pernyataan dari ibu yang tidak melaksanakan perkawinan;

  7. Surat pernyataan belum pernah memiliki Akta Kelahiran.


Walikota Cilegon telah menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Administrasi Kependudukan dan melaksanakan program-program inovatif dalam upaya Percepatan Cakupan Pemberian Akta Kelahiran Anak. Selain itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cilegon sebagai instansi pelaksana berkomitmen meningkatkan pelayanan pencatatan kelahiran dengan lebih bertumpu pada pelayanan jemput bola/pelayanan keliling dan pelayanan terpadu, memanfaatkan SIAK dalam pelayanan,  mengkonversi data pelayanan kelahiran non SIAK kedalam database SIAK, melakukan re-entry data register akta kelahiran ke dalam database SIAK dan melakukan kerjasama dengan para pemangku kepentingan.


Untuk itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI memberi penghargaan kepada Walikota Cilegon yang telah menerbitkan Peraturan Daerah dan melaksanakan program-program yang inovatif dalam upaya Percepatan Cakupan Pemberian Akta Kelahiran Anak Tahun 2017 dan pencapaian target akta kelahiran sebesar 76,19%. Pemberian penghargaan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2017 di Kota Pekanbaru,Riau. Disdukcapil Kota Cilegon menerima penghargaan ini pengaruh dari penerbitan KIA Kota Cilegon pada tahun 2016 sebagai pilot projet 50 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Dengan demikian, pengaruhnya sangat besar sekali dengan prosentase cakupan Akta Kelahiran karena KIA diterbitkan berdasarkan Akta Kelahiran. 


Jumlah anak usia 0-17 tahun kurang 1 hari di Kota Cilegon per 30 Juni 2017 yang telah memiliki Akta Kelahiran adalah sebanyak 98.679 anak. Adapun data KIA Kota Cilegon per 30 Juni 2017 adalah sebanyak 66.687 anak yang telah memiliki KIA atau sebesar 67,58%. Sedangkan jumlah anak usia 0-17 tahun kurang 1 hari yang belum memiliki KIA adalah sebanyak 31.992 anak atau sebesar 32,42% dari jumlah total anak usia 0-17 tahun kurang 1 hari yang telah memiliki Akta Kelahiran.


Dengan demikian, segeralah putra putri anda memiliki Kartu Identitas Anak (KIA)  dan Akta Kelahiran untuk melindungi legalitas hukum putra putri anda. Hubungi Kantor Kelurahan dan Kecamatan ataupun langsung ke Kantor Disdukcapil Kota Cilegon.



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Test

Kurang
Bagus
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA