large image
Antrean di Puskesmas Bakal Dipangkas
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-07-26 -|- 06:39:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Untuk memangkas antrian pasien di loket pendaftaran di puskesmas, Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cilegon akan memanfaatkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) agar memudahkan pelayanan.


Sekretaris Dinkes Kota Cilegon, dr Hana Johan mengatakan, puskesmas sebagai salah satu pelayanan publik mempunyai angka kunjungan yang terus meningkat. Namun, saat ini, proses pendaftaran pasien di loket pendaftaran masih lama karena harus input kedalam Sistem e-Puskesmas yang membutuhkan waktu lama hingga 10 menit. 


"Kita berupaya agar antrian pendaftaran di loket pendaftaran berkurang, dengan menjalin kerja sama dengan Disdukcapil dalam memanfaatkan data SIAK", kata dr Hana kemarin (18/07/2018).


Dia mengaku sudah melayangkan surat permohonan kepada Plt.Walikota Cilegon untuk izin pemanfaatan data SIAK tersebut untuk pelayanan kesehatan secara online dan terintegrasi. "Dinkes akan memanfaatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), data kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dalam pelayanan kesehatan secara online ", jelasnya.


Kedepan, kata dia, pasien di puskesmas akan dimanjakan oleh kemajuan teknologi informasi. Cukup menempelkan KTP-el di mesin e-reader, data-data akan langsung masuk ke dalam Sistem e-Puskesmas. "Apabila pasien tidak membawa KTP-el, cukup menempelkan jarinya ke mesin e-reader KTP-el", tambahnya.


Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Kota Cilegon, Hj.Hayati Nufus, menyambut baik inovasi yang dilakukan Dinkes Kota Cilegon. Dia berharap kerja sama tersebut dapat berjalan optimal. "Sekarang sudah empat lembaga/OPD yang menjalin kerjasama dengan Disdukcapil dalam pemanfaatan data kependudukan. Dari jumlah itu, sinergi sistemnya sudah terkoneksi host to host melalui jaringan internet", ungkapnya.


Kedepan, Hj.Hayati Nufus meminta masyarakat Kota Cilegon yang belum melakukan perekaman KTP-el agar melaksanakannya terlebih dahulu, baik sidik jari maupun retina mata.


Sumber : Radar Banten



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Test

Kurang
Bagus
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA