large image
Inovasi Pelayanan "SENANDUNGKU" Disdukcapil Kota Cilegon
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-10-23 -|- 11:07:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Untuk mencapai Target Nasional Indikator Kepemilikan Akta Kelahiran di kalangan Anak (usia 0 sampai dengan kurang dari 18 tahun) yaitu tahun 2015 sebesar 75 %; tahun 2016 sebesar 77,5 %; tahun 2017 sebesar  80 %; tahun 2018 sebesar 87,09 % dan tahun 2019 sebesar 90 %., DinasKependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cilegon membuat perjanjian kerjasama dengan 13 mitrakerja, seperti RSUD Kota Cilegon, Dinas Kesehatan, RS. Krakatau Medika, dst. Perjanjian Kerjasama ini juga dalam rangka memenuhi amanat Permendagri Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang dan Tata Cara Pemberian Hak Akses Serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.


Pelayanan Akta Kelahiran ini dinamakan SENANDUNGKU “SELAMAT DATANG ANAKKU AKTA KELAHIRAN, KARTU KELUARGA & KIA UNTUKMU”. Pelayanan ini dinilai sangat efektif, karena saat seorang bayid ilahirkan di Puskesmas atau Rumah Sakit dan Klinik Bersalin yang sudah bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cilegon akan langsung mendapatkan AktaKelahiran, KIA dan KK baru, tiga produk dokumen kependudukan dalam satu waktu.



Adapun Program Inovasi  SENANDUNGKU “SELAMAT DATANG ANAKKU AKTA KELAHIRAN, KARTU KELUARGA & KIA UNTUKMU” ini memiliki PERSYARATAN sebagai berikut :


- Surat keterangan lahir dari Dokter/ Bidan / Rumahsakit / SPTJM Surat Pernyataan PertanggungJawaban Mutlak, tentang kebenaran data kelahiran
- Fotocopy KTP-el Kedua Orangtua
- Nama dan identitas saksi kelahiran
- Fotocopy Buku Nikah ( denganmemperlihatkanaslinya)/ KutipanAkta Nikah/ SPTJM Surat Pernyataan PertanggungJawaban Mutlak, tentang kebenaran sebagai pasangan suami istri
- BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dari kepolisian, atau SPTJM Surat Pernyataan PertanggungJawaban Mutlak, tentang kebenaran data kelahiran bagi anak yang tidak diketahui asal usulnya / keberadaan orang tuanya (termasuk anak jalanan / orang terlantar)



Inovasi  SENANDUNGKU “SELAMAT DATANG ANAKKU AKTA KELAHIRAN, KARTU KELUARGA & KIA UNTUKMU” yaitu suatu inovasi pelayanan akta kelahiran bagi ibu bersalin mempersiapkan dengan tahapan :



  1. Keluarga ibu bersalin kartu keluarga, ktp-el, surat nikah, dan nama bayi dan dipastikan nama bayi tidak akan berubah karena sebagian masyarakat apabila seorang ibu melahirkan tidak harus memberikan nama bayi kalau belum dilakukan walimatul aqiqah, sedangkan walimatul aqiqah / potong rambut bayi ketika ibu bersalin sudah keluar dari rumah sakit dan sudah mampu dan siap untuk tasyakuran / walimatul aqiqah, ada yang sudah 7 hari kelahiran, 21 hari sebelum 40 hari, dalam acara tasyakuran tersebut barulah jabang bayi diberikan nama. Tetapi dengan seiring waktu, bagian Disdukcapil Kota Cilegon gencar melakukan sosialisasi tentang kesadaran dalam memiliki dokumen kependudukan, lambat laun masyarakat paham dan antusias dalam upaya memiliki dokumen kependudukan.

  2. Petugas operator yang telah diberikan hak akses oleh Disdukcapil dan telah memiliki SK sebagai operator khusus menangani akta kelahiran, input data dan permohonan melalui berkas yang diterima dari keluarga ibu bersalin.

  3. Petugas operator membawa dokumen ibu hamil yang selanjutnya ditukar dengan akta kelahiran di Disdukcapil.

  4. Proses akta kelahiran secara otomatis dapat menghasilkan dokumen baru bagi pemohon yaitu :



  • Terbitnya kartu keluarga baru
    Perubahan kartu keluarga terjadi karena cabang bayi baru masuk sebagai anggota baru bagi keluarga, sudah pasti kartu keluarga akan berubah dan terbitlah kartu keluarga baru yang memuat nama bayi yang baru lahir tersebut.

  • Terbitnya KIA / Kartu Identitas Anak
    Karena nama bisa terlihat dan telah mempunyai NIK, sudah masuk dalam daftar database kependudukan Kemendagri maka bayi tersebut bisa dicetak KIA tanpa foto (usia 0-5 tahun tidak pakai foto) sedangkan 5 tahun-17 tahun kurang 1 hari memakai foto.


      5. Selama proses persalinan, memang hanya keluarga ibu bersalin yang bisa respon dan cepat membantu mengurus dokumen penduduk, sehingga begitu ibu bersalin dinyatakan sehat oleh dokter, pulang dengan membawa bayi yang sehat serta dokumen penduduk sudah lengkap


      6. Biaya persalinan di rumah sakit adalah biaya perawatan medis bukan termasuk proses kepemilikan dokumen penduduk karena proses kepemilikan dokumen penduduk adalah gratis tanpa dipungut biaya sesuai amanat Undang-Undang No. 24 tahun 2013 pasal 79A kepengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan tidak   dipungut biaya




List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA